TRADISI GUMBREGAN, WARGA BEREBUT KETUPAT

Administrator 21 Januari 2020 00:59:46 WIB

Tradisi Gumbregan yang dipercaya sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu di Gunungkidul masih terus di laksanakan di desa playen, Tradisi ini berlangsung pada hari Selasa (14/01/2020). tradisi tersebut digelar sebagai bentuk wujud syukur kepada Tuhan karena telah diberi hasil bumi yang melimpah.

Setiap warga yang memiliki hewan ternak akan membuat tumpeng dari Hasil bumi yang berupa makanan dan ditata hingga menyerupai gunungan. Setelah membentuk gunungan, para sesepuh dan warga akan berkeliling mendatangi warga yang memiliki hewan ternak untuk melaksanakan doa bersama dan gunungan tersebut nantinya akan dirayah warga.

Setelah selesai dirayah, sebagian makanan tersebut diberikan kepada hewan ternak milik warga karena hewan tersebut turut andil dalam kegiatan bercocok tanam atau membantu mengolah ladang para petani. Dalam tradisi ini sebenarnya tidak hanya melibatkan hewan ternak tapi juga peralatan pertanian juga dihadirkan agar menghasilkan hasil bumi yang maksimal. tapi seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi maka tradisi ini sudah mulai tersingkir seperti peralatan tradisional pertanian yang udah tergantiakan oleh peralatan moderen.

Biarpun Peralatan tradisional sudah tergantikan peralatan pertanian moderen tetapi kotoran dari hewan ternak tersebut turut andil dalam meyuburkan ladang para petani, maka para sesepuh Desa Playen berharap tradisi ini terus dilestarikan karena Intinya tradisi ini sebagai wujud syukur kami kepada Tuhan karena hasil bumi dan hewan ternak yang sehat.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Playen

tampilkan dalam peta lebih besar